Terkait Dugaan Penyerobotan Tanah Lsm AKI Sulut Dampingi Ahli Waris 

Terkait Dugaan Penyerobotan Tanah Lsm AKI Sulut Dampingi Ahli Waris 

Minahasa, GO.WED.ID - Dugaan penyerobotan tanah pasini milik masyarakat oleh pemerintah kabupaten Minahasa melalui pemerintah kecamatan Sonder dan hukum tua Kolongan Atas belum kunjung selesai dan terus di perjuangkan oleh ahli waris yang di kuasakan oleh semua ahli waris kepada Maryoris Tilaar SE.yang biasa dipanggil yoris, sebagai Pelaksana waris, selasa(29/06/21).

Untuk melanjutkan perjuangan ini saya Pelaksana ahli waris mempercayakan kepada Ketua  Lembaga Swadaya Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (LSM AKI) DPD Sulut Noldy Poluakan dalam proses pendampingan, pengawalan dan penyelesaian masalah ini secepatnya dan berkeadilan karena masalah ini sudah cukup lama berproses, ujar yoris.

Menurut pelaksana waris maryoris, "sudah berbagai upaya yang kami lakukan dalam rangka memperjuangkan, menyelesaikan persoalan ini, sebelum opa saya meninggal tahun 1974 objek tanah itu tahun 1972 didirikan bangunan Pusat Latihan Pemberdayaan Masyarakat (PLPM) dan bolak balik komplein ke pemerintah kecamatan tidak di gubris karena rezim orde baru yang sangat kuat".

Lanjut maryoris, tahun 1980-an PLPM berubah nama menjadi Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan di lakukan pengukuran oleh pihak SKB tapi tidak di keluarkan surat apapun oleh hukum tua Marthen Tambuwun, karena di desa pemilik tanah masih tercatat dan di ketahui masih milik opa kami Aris Tillar, dan di masa hukum tua Donal Lengkey terbit surat hibah kepada perorangan atas nama Marlein Lalamentik sebagai kepala SKB tanpa ada transaksi apapun dari pemilik tanah yaitu opa kami, dan di ketahui dugaan saya karena waktu itu akan ada proyek yang masuk di lokasi tanah itu yang nilainya 600 juta rupiah", ujar Yoris.

Masih kata Tilaar, 2018 ada penambahan bangunan dilokasi tanah tersebut dan kami pihak keluarga ahli waris 3 kali mengirim surat teguran dan Somasi lewat pemerintah kecamatan, tapi kasie Trantib Mody Pangkey tetap perintahkan pembangunannya di lanjutkan dan upaya kami tidak di gubris,  28/11/2018 kami Hearing dengan DPRD Minahasa, 11/01/2019  mengaduh ke Biro hukum Pemprov Sulut,  01/03/2019 ke Ombudsman RI Perwakilan Sulut dan semua Instasi dan lembaga di atas menyimpulkan bahwa tanah tersebut adalah milik Alm. Aris Tilaar atau opa saya tuturnya.

Ketua LSM AKI Sulut Noldy Poluakan, " dari hasil konsultasi dan kordinasi dengan Kabid aset Pemkab Minahasa Jaklin Rumbayan bahwa bangunannya tercatat di aset Pemkab tapi tanahnya belum tercatat. Ditempat terpisah Dinas Pendidikan Minahasa melalui Sekdis Tommy Wuwungan mengatakan bahwa masalah tanah SKB sonder sudah berproses dirana hukum dipolda sulut dan untuk kelengkapan administrasi yang melekat di SKB seperti surat tanah dan surat pengukuran dan lain lain sudah kami kirim untuk kelengkapan pemeriksaan, untuk membuktikan administrasi kepemilikan aset sah atau tidak nanti pihak berwenanglah yang memutuskan, jelasnya.

Lanjut Poluakan, " akan kami kawal proses ini secara maksimal, tolong pemkab Minahasa harus bertanggung jawab atas persoalan ini, karena hak ahli waris jangan dihilangkan, di rampas dan di tiadakan tugas Nopol.(Donald

Donald

Donald

Previous Article

Dandes Tahap Pertama Tahun 2021 Desa Banga...

Next Article

Pemdes Tangkuney Perketat Posko Penjagaan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Siswandi

Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 351

Registered: Jan 23, 2021

Aleks Waine

Aleks Waine

Postingan Bulan ini: 20

Postingan Tahun ini: 45

Registered: Feb 26, 2021

Yudi Hutriwinata

Yudi Hutriwinata

Postingan Bulan ini: 11

Postingan Tahun ini: 75

Registered: Mar 31, 2021

Junaidi

Junaidi

Postingan Bulan ini: 10

Postingan Tahun ini: 140

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Junaidi

Dandim Nabire: Saya Malu Ada Oknum TNI Yang Terlibat Dalam Masalah Ini
Gerbong Mutasi Pejabat Utama Polres Luwu Utara Kembali Bergulir. Ini Daftar Lengkapnya
Rumahnya Dilalui Pekerjaan Tanggul Sungai Masamba, Warga Lombok Harap Kompensasi
Menghalangi Tugas Wartawan Bisa Dipidana Dua Tahun

Follow Us

Recommended Posts

Pemdes Poigar Satu Gunakan Dana Covid 8% Untuk Penyemprotan Disinfektan
Pemdes Malola Satu Salurkan BLT-DD Tahap 4 Ke 90 KPM
Pemdes Poigar Satu:Terima Kasih Pak Bupati Dan Wakil Bupati Minsel Atas Bantuan Bahan Pokok Makanan
Pemdes Tangkuney Perketat Posko Penjagaan Pintu Masuk Desa
Lakukan Pungli, Kepala Desa Dianggap Tutup Mata oleh Sekdesnya